Rabu, 03 Oktober 2012

 Materi Komunikassi Massa
Fungsi & Elemen komunikasi massa
Ini dia materi yang aku dapat saat kuliah kemarin, 3 oktober dikelas penuh mimpi J. Saat matakuliah Komunikasi Massa, semoga bermanfaat yaa J
Fungsi Komunikasi Massa
1.        Informasi
Sebagai sarana informasi misalnya, koran, internet. Lalu buku,film,sinetron bisa menjadi sarana informasi?? (Buatt PR aja yaa J)
2.       Hiburan
Sebagai hiburan komunikasi massa berfungsi Pelepas lelah, mengalihkan perhatian publik (Isu-isu besar yang menyangkut kepentingan tokoh,
3.       Persuasi
Tajuk rencana (Apa yang diinginkan/ suara hati suatu media, misalnya: kompas, solopos)
Bentuk-bentuk persuasi menurut Joseph A.Derito
a.   Mengukuhkan / memperkuat sikap, kepercayaan   (Acara religi)
b.   Mengubah sikap, perilaku, bersifat membujuk. (Iklan sabun,fashion)
c.    Menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu atau respon entak positif atau negatif. (iklan masyarakat yang mengajak hemat energi, mencegah flu burung, respons film innosence of muslim)
d.   Menawarkan sistem/Memperkenalkan etika

4.       Transminsi budaya
Sebagai tempat penyaluran komunikasi
5.       Mendorong kohesi sosial
Kohesi :integrasi :penyatuan
6.       Pengawasan
*      Pengawasan peringatan. Contohnya peringatan atau info tsunami, gunung meletus, dsb.
*      Pengawasan instrumental. Contohnya informasi produk-produk terbaru, daftar harga, dsb
7.       Korelasi
Menghubungkan bagian-bagian dari masyarakat agar sesuai dengan lingkungan.
Contoh: Unjuk rasa/demo. Kenaikan BBM yang akhirnya digagalkan karena demo besar-besaran yang dilakukan mahasiswa.
8.       Pewarisan sosial
Media massa juga berfungsi sebagai pendidik formal/non formal. Contoh formal : Iklan produk-produk herbal, cara pembuatan batik.
Contoh non formal : acara realiti show, bisa jadi? J

Elemen-Elemen Komunikasi massa
Ada beberapa elemen-elemen yang perlu diketahui, diantaranya adalah :
1.    Komunikator
Yang terpenting harus ada jaringan, stasiun lokal, kumpulan orang, organisasi, instansi.
Karakteristik komunikator menurut HUB :
a.   Daya saing
b.   Ukuran & Kompleksivitas
c.    Indrustrialisasi, spesialisasi
d.   Perwakilan
2.   Isi / pesaan
Isi dari media paling tidak harus memenuhi beberapa kriteria, menurut Ray Eldon ,
a.   Berita & Informasi
b.   Analisisn & Interpretasi
c.    Pendidikan & sosialisasi
d.   Hubungan masyarakat
e.   Hiburan
f.    Iklan
3.   Audience
4.   Umpan balik
Umpan balik secara langsung : Komunikasi antar personal
Umpan bailk secara tidak langsung : Surat pembaca, kring solopos.
5.   Gangguan
6.    Gatekeeper
Adalah individu-individu atau kelompok orang-orang yang  yang memantau arus informasi dalam sebuah saluran komunikasi massa (Bittner, 1996)

7.    Pengatur
8.   Filter
Kerangka fikir melalui mana audience menerima pesan.
Filter ibarat sebuah bingkai kacamata dimana audience bisa melihat dunia
Dunia riil yang diterima dalam memori sangat tergantung dari bingkai filter itu