Selasa, 13 Desember 2011

Cantiq

Cantik itu relative menurut aku, orang lain bisa bilang dia cantik tetapi bagiku biasa-biasa saja, begitu sebaliknya orang lain mengatakan dia cantik, tapi menurutku biasa-biasa saja.
Menurut sebuah buku yang saya aku baca, menurut mbak Asri Istiqomah cantik itu dibagi menjadi dua, yaitu cantik secara psikologi dan secara islami.

Nah cantik secara psikologi itu :
Kecantikan lahiriah
Yaitu cantik yang meliputi penampilan fisik yang di pengaruhi oleh kondisi waktu, budaya, keadaan geografis dan lingkungan.
Kecantikan Fisik atau outer beuty
Penampilan seseorang dari luar yang ditentukan dari penampilan busana, kebersihan kulit, kuku, gigi dan sebagainya, tapi bukan ditentukan oleh kecantikan fisik, missal hidung mancung, kulit putih dan sebagainya.
Kecantikan batiniah atau inner beuty
Inilah kecantikan yang sesungguhnya, yaitu kecantikan yang memancar dari dalam diri seorang wanita. Dia memiliki citra diri yang positif dan memiliki sikap yang mulia.
Ciri-cirinya : memiliki kepercayaan diri, mampu mengendalikan emosi, bisa memotivasi diri dan lingkungan, mampu mengenali diri sendiri dengan baik (termasuk kebaikan dan kekurangannya)

Apa itu cantiik secara Islami ?
Kecantikan islami dibagi menjadi 3,diantaranya, simak yaah. . . .
a. Kecantikan Palsu
Kecantikan yang di ukur dengan fisik semata sehingga membawa bencana terhadap diri mereka sendiri dan orang lain.
b. Kecantikan asli
Kecantikan ini di ukur dengan kecantikan lahir dan batin tanpa mengedepankan fisik semata.
c. Kecantikan Ideal
Nah ini, kecantikan yang sempurna baik lahir maupun batin.



Tidak ada komentar: